Perlengkapan Photo Profesional Yang Harus Tersedia

Perlengkapan Photo Profesional Yang Harus Tersedia

Fotografi semakin mudah karena kamera dan smartphone tersedia dengan berbagai tipe. Anda bahkan mampu mengambil gambar dengan kualitas terbaik. Semua orang bisa melakukannya. Akan tetapi, Anda membutuhkan lebih dari sekedar kamera jika ingin menekuni bidang ini secara profesional. Selain itu, menjadi fotografer membutuhkan dedikasi dan komitmen. Anda juga perlu investasi perlengkapan photo profesional agar pekerjaan dan order berjalan lancar. Simak daftar berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Daftar Perlengkapan Photo Profesional

Perlengkapan Photo Profesional Yang Harus Tersedia
  • Kamera level pro

Kamera smartphone saat ini sudah mampu mengambil foto dan video hingga level 4k. Selain itu, fiturnya juga bervariasi seperti beberapa sensor. Namun, Anda tidak akan melihat fotografer menggunakan smartphone saat bekerja mengambil foto dan gambar. Contohnya adalah foto wedding yang harus tampak sempurna. Jika sekedar untuk social media, smartphone sudah cukup. Akan tetapi, Anda perlu kamera level pro apabila ingin hasil optimal. Kamera yang dimaksud adalah tipe dslr yang memiliki kekuatan lensa sangat tinggi. Perlu Anda ketahui, lensa untuk kamera berbeda dengan perangkat mobile. Resolusi mungkin saja lebih kecil tetapi kapabilitas lensa sangat baik. Inilah alasan mengapa para profesional masih menggunakan kamera. Belum ada produk atau alat pengganti lain yang sepadan.

  • Lensa

Kamera saja belum cukup karena harus siap dengan beberapa lensa. Anda pernah melihat fotografer melepas bagian depan kamera. Itu adalah lensa yang terdiri dari beberapa tipe. Ada lensa untuk jarak dekat hingga jauh. Semakin panjang lensa tersebut maka kamera mampu menangkap objek dengan jarak sangat jauh. Contohnya adalah kamera yang dipakai fotografi alam liar. Mereka memakai lensa tersebut agar tidak terlalu dekat dengan objek misalnya hewan buas. Anda investasi di beberapa lensa yang sering dipakai sesuai dengan bidang fotografi.

  • Tripod

Alat lain yang juga penting adalah tripod. Ini merupakan alat kaki tiga yang berguna untuk menahan kamera. Tripod dipakai ketika membutuhkan posisi kamera yang stabil. Anda dapat membeli beberapa model sesuai dengan kebutuhan. Pakai tripod portabel jika harus keluar kota sehingga lebih aman dan praktis. Untuk kegiatan dalam ruangan, tripod yang dipakai sebaiknya cukup tinggi sehingga Anda bisa mengatur jarak dengan aman.

  • Background

Satu lagi yang penting untuk fotografi adalah background. Anda siapkan perlengkapan tersebut untuk kebutuhan studio. Background dapat berbentuk apa saja misalnya untuk sekolah, wisuda, wedding, konser, atau peringatan khusus. Selain itu, Anda juga dapat membuat background khusus yang bisa diubah sesuai kebutuhan klien.

  • Lampu

Selanjutnya, perlengkapan photo profesional membutuhkan lampu. Anda perlu beberapa lampu yang berguna sebagai penerang dan cahaya. Pastikan lampu tidak terlalu terang. Selain itu, lampu dapat menjadi background untuk kebutuhan tertentu. Penggunaan cahaya biasanya untuk kebutuhan indoor di studio. Produk untuk outdoor juga tersedia dan pilih yang portabel.

  • Shutter release

Kamera memiliki shutter release yang otomatis. Anda tidak perlu menekan langsung sehingga lebih praktis. Akan tetapi, kelemahannya adalah setting harus tepat. Sistem otomatis juga sering terkendala terutama untuk objek foto tertentu. Cara mengatasinya adalah memakai shutter release yang terpisah. Fungsinya mirip saat Anda menekan tombol capture secara manual. Dengan alat ini, proses foto tidak lagi menunggu momen dan setting secara otomatis.

Peralatan Lain Untuk Fotografi

Perlengkapan Photo Profesional

Selain perlengkapan photo profesional yang telah disebut sebelumnya, Anda juga perlu menyiapkan beberapa alat lain. Simak daftar berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

  • Laptop

Laptop sangat penting karena semua foto dari kamera akan melewati proses edit. Ada bisa menggunakan laptop atau komputer level menengah. Desain grafis tidak perlu laptop premium kecuali Anda memang memiliki dana yang memadai. Yang perlu diperhatikan saat membeli laptop adalah kapasitas ram, process, dan kartu grafis.

  • Hardisk eksternal

Kebutuhan media penyimpanan juga sangat krusial. Satu foto hasil kamera dslr memiliki ukuran yang besar. Hal ini terjadi karena resolusi sangat tinggi. Anda membutuhkan hardisk eksternal sebagai tambahan kapasitas laptop. Pilihannya ada dua yaitu hdd dan ssd. Saat ini, hdd lebih praktis dan murah. Akan tetapi, Anda juga perlu menyiapkan ssd karena processing lebih cepat. Solusi lain adalah cloud storage yaitu penyimpanan di server. Semua file di upload dan Anda bisa unduh lalu bekerja dimana saja selama internet tersedia. Platform ini juga berguna sebagai backup jika ada kendala hardisk atau lainnya.

  • Drone

Anda dapat melengkapi layanan fotografi dengan alat drone. Fungsinya untuk mengambil gambar dan rekam dari ketinggian. Tentu saja, perlengkapan ini tidak murah terutama untuk kebutuhan profesional. Anda bisa membeli drone apabila target customer dan klien memang membutuhkan tipe fotografi tertentu.

Semua alat yang berguna untuk photo profesional merupakan bagian dari penunjang kerja. Beberapa dari mereka merupakan alat utama dan lainnya sebatas tambahan atau penunjang. Alokasikan budget sesuai dengan kebutuhan dan tingkatkan skill termasuk membuat portofolio.