Mengenal Produk Photo Dengan Berbagai Variasinya

Mengenal Produk Photo Dengan Berbagai Variasinya

Fotografi semakin berkembang karena teknologi kamera dan lensa menjadi lebih canggih. Bidang ini relatif stagnan dalam hal pengembangan alat tetapi tidak dengan produk photo. Anda mungkin berpikir bahwa foto berkualitas harus berasal dari kamera mahal. Secara umum, siapa saja dapat membuat foto dan mengambil momen yang pas. Akan tetapi, foto harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin memakai foto untuk marketing dan iklan, Anda sebaiknya menyerahkan ke jasa profesional. Apabila sebatas social media, smartphone level menengah sudah cukup. Daftar berikut menunjukkan beberapa produk dari sebuah foto.

Daftar Produk Photo Yang Tersedia

Mengenal Produk Photo Dengan Berbagai Variasinya
  • Foto katalog

Katalog termasuk salah satu penggunaan foto level profesional. Merk terkenal sering membuat buku berisi produk mereka. Contohnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang fashion dan gaya hidup. Katalog berisi berbagai produk termasuk penjelasan mengenai model, kode, harga, dan apapun yang dibutuhkan konsumen. Yang menarik, katalog tidak hanya buku besar berisi daftar produk. Saat ini, restoran dan produk makanan juga bisa dibuat semacam katalog. Fungsinya sebagai material marketing dan referensi. Selain katalog dalam bentuk fisik, perusahaan juga membuat versi online. Foto harus detail dan nyata agar menarik perhatian.

  • Foto perayaan

Foto perayaan terdiri dari beberapa tipe. Contohnya adalah wedding, wisuda, ulang tahun, dan sebagainya. Produk seperti ini bukan lagi foto-foto memakai smartphone. Para profesional menggunakan kamera, lensa, dan tripod. Mereka berusaha mengabadikan momen terbaik sehingga mampu memberikan kenangan terbaik. Perayaan juga berkembang ke bidang lain misalnya tahun baru, natal, liburan, dan lebaran.

  • Foto pribadi

Produk photo yang lain adalah foto pribadi. Anda mungkin bertanya mengapa orang berusaha menyewa jasa profesional hanya sebatas untuk pemotretan pribadi. Setiap customer memiliki tujuan sendiri. Salah satunya adalah foto keluarga, kelas atau sekolah, dan lainnya. Keluarga sering memakai jasa foto seperti ini. Salah satu anggota baru saja lulus lalu keluarga besar membuat foto dengan background dan level kualitas profesional. Foto seperti ini sering dicetak lalu dipajang. Di era digital, banyak sekali klien perorangan membutuhkan foto-foto dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan personal.

  • Marketing dan iklan

Produk photo paling sering dipakai sebagai marketing dan iklan. Anda membuat spanduk atau baliho besar. Foto yang dipakai bukan lagi hasil smartphone. Resolusi harus harus detail dan tidak pecah. Untuk mampu memenuhi keperluan tersebut, foto berasal dari fotografi profesional. Anda sendiri sebenarnya bisa melakukannya selama kamera dan alat pendukung memadai. Tugas fotografer kadang bukan sekedar pengambilan gambar. Mereka bagian dari tim marketing yang berperan menentukan konsep, tema, dan gaya.

  • Social media

Berikutnya, foto juga dipakai sebagai konten di social media. Anda perlu menyadari bahwa foto seperti ini bukan sekedar capture dan gunakan filter. Proses pengambilan foto membutuhkan konsep dan setting. Objek juga sesuai dan kamera yang dipakai mampu  memberikan hasil terbaik.

Cara Mendapatkan Hasil Foto Berkualitas

Produk Photo Dengan Berbagai Variasinya

 berikut ini beberapa cara mendapatkan hasil produk photo berkualitas.

  • Kamera

Kamera memiliki peran sentral. Alat terbaru pasti memberikan hasil foto yang detail dengan resolusi tinggi. Kualitas semakin meningkat apabila Anda merupakan fotografi profesional. Produk kamera terdiri dari berbagai tipe dan model. Pilih yang sesuai budget dan kebutuhan. Anda bisa upgrade ke model lebih canggih apabila skill dan pengalaman sudah tersedia.

  • Lensa

Selain kamera, alat lain yang juga penting adalah lensa. Posisinya berada didepan dan berfungsi menangkap objek secara jelas. Kebutuhan lensa juga tergantung pada pekerjaan yang Anda tekuni. Setiap bidang fotografi memakai lensa berbeda. Anda tidak perlu lensa dengan resolusi tinggi apabila hanya mengambil gambar perayaan. Sebaliknya, lensa tertentu sangat dibutuhkan ketika pekerjaan di luar ruangan.

  • Teknik foto

Teknik foto merupakan cara bagaimana fotografee mengambil gambar. Orang awam mengira prosesnya sekedar tekan atau tap. Akan tetapi, setiap foto akan menghasilkan level berbeda sesuai dengan teknik yang dipakai. Mereka yang berpengalaman bahkan mampu membuat foto dengan style khas tanpa perlu editing. Oleh karena itu, pahami beberapa skill dasar sehingga mampu menghasilkan konten foto yang baik.

  • Editing dan filter

Foto tetap membutuhkan editing dan filter. Untuk kebutuhan tersebut, Anda perlu memakai laptop atau komputer. Fotografer dapat melakukan editing mandiri atau ada tim khusus yang menyelesaikan pekerjaan ini. Mereka mengetahui penggunaan software dan aplikasi desain grafis. Laptop sebaiknya level premium dengan kartu grafis mumpuni. Jika dibutuhkan, siapkan hardisk eksternal sebagai tambahan penyimpanan file foto.

Dari penjelasan diatas, Anda mengerti bagaimana sebuah foto diproduksi. Bagi mereka yang terjun di bidang fotografi, pengetahuan tersebut sangat berguna. Selain itu, Anda juga perlu memilih tipe produk yang tepat. Jika Anda bagian dari tim produksi, pastikan alat dan perangkat lainnya memadai.