Pembuatan Studio Foto dengan Biaya Terjangkau

Pembuatan Studio Foto dengan Biaya Terjangkau

Banyak yang tertarik ingin memiliki studio foto di rumah. Akan tetapi, mereka beranggapan hal seperti ini membutuhkan biaya besar. Sebenarnya, pembuatan studio foto termasuk terjangkau apalagi untuk kebutuhan personal di rumah. Anda perlu menyiapkan beberapa komponen di bawah ini.

Daftar cara pembuatan studio foto

Pembuatan Studio Foto dengan Biaya Terjangkau
  • Ruangan

Studio membutuhkan ruangan khusus. Ukurannya tidak harus besar tetapi cukup untuk bergerak saat menggunakan kamera. Yang menarik, Anda tidak perlu membuat ruangan baru hanya spot atau area tertentu. Misalnya sudut ruangan dengan tembok tinggi. Area ini sangat cocok ketika dipasang background. Sebagai pembatas, letakkan partisi portabel di kanan dan kiri. Jika memang memiliki ruang tersendiri, hal ini justru lebih baik tetapi tidak wajib. Yang terpenting adalah kecukupan luas studio saat mengerjakan proyek.

  • Kamera

Kamera merupakan bagian penting saat membuat studio. Anda terjun di bidang fotografi sehingga harus siap dengan alat seperti kamera dan lensa. Saat ini, berbagai tipe kamera tersedia dari model termurah hingga mahal. Untuk pemula, beli kamera level menengah yang mampu mengambil gambar di dalam ruangan dengan baik. Alat ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi.

Apabila diperlukan, Anda dapat membeli lensa. Fungsinya adalah menangkap objek lebih detail. Kamera biasa dslr sudah menggunakan lensa internet dengan resolusi khusus. Akan tetapi, fotografer kadang ingin hasil foto lebih berkualitas. Lensa ini tersedia terpisah dan berguna agar projek tertentu dapat diselesaikan dengan level profesional. Meskipun studio berada di rumah, hasilnya termasuk sangat berkualitas.

  • Tripod dan lampu

Perlengkapan selanjutnya adalah tripod dan lensa. Anda tetap membutuhkan tripod apalagi mereka yang ingin mendapatkan hasil foto stabil. Fungsi lain adalah menggunakan shutter release sehingga bisa mengatur pengambilan gambar objek dengan cermat. Sebagai fotografer, Anda juga perlu mengarahkan pose dan komposisi. Posisi kamera bisa diatur ketika memakai tripod. Selanjutnya, hubungkan ke shutter release lalu aktivitas pemotretan berlangsung otomatis. Lampu juga penting agar suasana studio lebih cerah. Gunakan lampu dengan intensitas menengah dan dapat diatur level cahaya.

  • Background

Selanjutnya, Anda membutuhkan background. Fungsinya sebagai dekorasi saat pengambilan foto. Contoh background adalah warna cerah, desain indoor dan outdoor, setting resmi, dan lainnya. Anda menyesuaikan kebutuhan dan siapkan latar belakang yang berlaku universal.

  • Laptop

Alat lain yang juga penting adalah laptop. Sebenarnya, pilihan ada dua yaitu laptop dan komputer. Anda bisa memakai keduanya. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri. Agar lebih praktis, pakai laptop sebab dapat dibawa kemana saja. Untuk proses editing profesional, komputer bisa menjadi solusi. Keduanya memberikan fungsi yang sama.

Daftar diatas menunjukkan bahwa pembuatan studio foto memang tidak mudah. Mereka yang tertarik di bidang ini harus mengeluarkan biaya dan usaha. Tentu saja, pemilihan alat dapat menyesuaikan dengan situasi. Misalnya, kamera tidak perlu mahal selama mampu memberikan kualitas gambar terbaik. Selanjutnya, laptop biasa juga mumpuni yang terpenting adalah dapat menjalankan aplikasi desain grafis. Lampu dan background juga menyesuaikan dengan tipe pekerjaan. Setiap proyek fotografi membutuhkan persiapan yang tepat.

Tips berguna saat membuat studio foto

Pembuatan Studio Foto

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai tips berguna ketika akan membuat studio foto. Cek daftar berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

  • Tujuan dan fungsi

Studio profesional berukuran besar dengan alat canggih. Disis lain, ada juga studio yangs ebatas ruangan kecil. Kapasitasnya hanya untuk maksimal tiga orang. Studio harus mampu menunjang tujuan dan fungsi. Jika sebatas fotografi personal, Anda tidak membutuhkan ruangan yang besar. Sebaliknya, Anda perlu area yang cukup jika memang mengerjakan proyek level menengah hingga besar. Fungsi studio mirip ruang kerja sehingga harus mampu menunjang aktivitas dan kegiatan dengan baik.

  • Tipe pekerjaan

Tipe pekerjaan juga berperan penting saat membuat sebuah studio foto. Anda membuka usaha jasa foto dekat sekolah dan kampus. Targetnya adalah mahasiswa. Studio harus mampu menunjang order seperti foto wisuda, ktp, ijazah, dan lainnya. Ruangan yang dipakai tidak perlu luas. Yang terpenting adalah studio mampu menampung kebutuhan.

  • Biaya

Hal terpenting lain adalah biaya. Sebagai pemula, perhitungan alokasi dana sangat penting. Anda tidak perlu peralatan mahal kecuali tipe pekerjaan memang membutuhkannya. Selanjutnya, hitung dana yang diperlukan dengan seksama. Jika ada alternative, pakai yang paling murah. Tidak ada yang salah ketika memilih harga rendah. Anda luangkan waktu membandingkan satu alat dan lainnya. Konsultasi ke profesional agar mampu menentukan yang tepat.

Dari apa yang sudah dijelaskan, Anda mengerti apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pembuatan studio foto. Fungsi lebih penting dibandingkan gaya. Anda juga perlu bertindak profesional yaitu menunjukkan kualitas. Hasil foto menjadi bukti dan orang lain akan memberikan apresiasi. Satu lagi yang juga perlu diperhatikan adalah anggara upgrade jika memang proyek semakin banyak dan Anda dikenal luas.